Sharing what you needed

Rabu, 02 Juli 2014

KONFIGURASI CACTI PADA UBUNTU

1.       PENDAHULUAN


1.1  CACTI

            Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS
         Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server dan Cacti juga merupakan frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database MySQL dan membuat graph berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan gambar (graph) dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

            Jika menginstall cacti pada sistem anda, sebaiknya diketahui bahwa paket-paket berikut merupakan paket yang harus ada pada sistem :
  •  Apache 2 sebagai web Server dan php supportnya.
  • Mysql Server dan php support.
  • RRD Tool.
  • Cacti (latest version).

2.       HASIL PERCOBAAN DAN ANALISA


                Lagkah yang harus dilakukan adalah instalasi semua perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung instalasi cacti dengan perintah berikut :
#apt-get update
Perintah tersebut untuk melakukan update agar perangkat terdaftar di latest version.
#apt-get install apache2 php5 php5-cli php5-mysql php5-snmp mysql-server mysql-client snmp snmpd rrdtool cacti
perintah ini digunakan untuk instalasi semua perangkat pendukung secara sekaligus. Setelah semua perangkat terinstall dengan baik,selanjutnya adalah melakukan install cacti pada menu browser :
localhost/cacti/install
setelah selesai maka kita akan mendapatkan sebuah account user dan harus melakukan login. Secara default adalah sebagai berikut:
USERNAME : admin
PASSWORD : admin

Kemudian username dan password ini dapat diganti sesuai kebutuhan operator yang akan melakukan monitoring jaringan tersebut. Selanjutnya adalah mengisi IP gateway jaringan yang akan dimonitoring.

               Dalam hal ini dilakukan monitoring jaringan PCR dengan IP gateway 172.16.30.1 dan namanya adalah Router-PCR.


Data yang diisi adalah sebagai berikut :
·        Description : Isikan nama device yang akan dimonitoring. 
(Router-PCR) 
·        Hostname : Isikan IP Address dari device yang akan dimonitoring.
172.16.30.1 gateway  
·        Host Template : Pilih “Local Linux Machine” atau “ucd/net”SNMP Host jika device yang akan dimonitoring PC biasa seperti windows client.  
·        SNMP Version : Pilih sesuai versi SNMP yang di setup di device Gateway, dalam hal ini version:
NET-SNMP 5.X 
RDDTOOL 1.4 X
·        SNMP Communitiy : umumnya pakai “public” tapi jika memang di set lain, tinggal menyesuaikan.  
·        Pada tugas saya, yang akan dimonitoring adalah router kampus Politeknik Caltex Riau, sehingga konfigurasi yang saya lakukan adalah seperti gambar di atas.


Untuk mengetahui jaringan yang terhubung ke router tersebut juga dapat dilakukan monitoring dengan membuat data query dengan hasil sebagai berikut:


Dari hasil diatas berarti sudah dapat dilakukan monitoring yang akan ditampilakn dalam bentuk grafik. Grafik yang digunakan adalah graph tree dengan default tree. Berikut ini adalah data jaringan router PCR yang terhubung :

Hasil akhir kita akan mengetahui router mana yang sedang aktif atau mati. Hal ini dapat diketahui dengan adanya Up/Down dari status router tersebut :

Grafiknya adalah sebagai berikut :





            Seluruh data tersebut adalah monitoring jaringan yang terdapat di jaringan Router-PCR dengan status UP dan DOWN. Untuk router yang DOWN seperti staff-02 staff-03 dan staff-04 maka grafiknya tidak akan mucul karena tidak adanya proses transfer atau penggunaan data. Sedangkan untuk status UP  seperti public,perumahan,DMZ,Staf-puskom, staf-admin maka grafiknya akan muncul dalam rentang waktu tertentu. Semakin lama proses monitoring tersebut, maka grafik akan terlihat dengan jelas.
            Data yang diambil ini hanya monitoring dalam waktu yang cukup singkat (sekitar 30 menit) sehingga grafik yang muncul masih sedikit. Bentuk grafik, data grafik, dan grafik yang ingin dimunculkan dapat kita atur di bagian graph management. Kita dapat menampilkan grafik dengan status up saja, down saja atau keduanya.
            Sebenarnya dengan cacti, bisa melihat cpu usage, memory yang dipakai untuk proses, pengelola user, perolehan multiple data, pengumpulan data yang cepat. Dengan interface yang mudah digunakan mudah dipahami untuk LAN hingga network yang kompleks dengan ratusan device seperti pada jaringan router Politeknik Caltex Riau.

3.       KESIMPULAN

            Dari proses instalasi cacti di ubuntu 12.04 tersebut,didapat kesimpulan sebagai berikut :
  • CACTI merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk memonitoring jaringan dengan device yang banyak.
  • Grafik yang tidak mucul pada graph tree biasanya adalah grafik dengan status down karena tidak adanya lalu lintas traffic yang terjadi pada saat itu.
  • CACTI adalah aplikasi pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. 






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

follow

Postingan Lainnya