Sharing what you needed

Jumat, 08 Februari 2013

KREATIF

"Kreatif" merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga. sebenarnya setiap manusia memiliki kreatifitas yang berbeda-beda,namun ketika beranjak dewasa kretifitas itu mulai hilang karena kurang diperdalam dan kita mulai malas untuk mengembangkannya. tetapi tidak usah  khawatir,karena tidak ada kata terlambat untuk menjadi kreatif. kreatif merupakan sebuah pilihan "YA"  atau "TIDAK".jika kita memilih ya berarti kita ingin melakukan perubahan dalam diri kita sedangkan yang memilih tidak maka sulit untuk mengembangkan kreatifitasnya.Nah,bagaimana cara untuk menjadi lebih kreatif ?. untuk memunculkan kreatifitas pada diri sendiri dapat dipicu dengan menyenangi sesuatu hal dan mencintai hal tersebut.karena sesuatu hal yang membuat kita senang akan menjadikan otak mudah berpikir dan menginspirasi. kreatifitas  bisa ditrigger dengan cara berikut:

  • Berkomunikasi dengan Orang Banyak
Berkomunikasi merupakan hal yang yang terpenting dalam mengasah kreatifitas,hal ini dikarenakan setiap orang memiliki ciri khas dan tanggapan yang berbeda. Dari setiap jawaban yang kita terima dari orang tersebut akan membuat kita lebih siap dalam berkata-kata,mengapa? hal ini karena kita mendapat jawaban yang berbeda pula.sehingga bahasa kita akan menjadi lebih kreatif saat kita ditanyai kembali. apalagi kalau kita bergabung dalam suatu komunitas,maka akan lebih banyak pengetahuan yang kita dapat.
  • Berada dalam Keadaan Terdesak
Terdesak? kedaaan ini mungkin bisa membuat kita panik,tapi jangan salah sangka. justru karena panik inilah membuat kita jadi inspiratif dan kreatif. saat keadaan down,otak akan menstimulus hormon adrenalin dan membuat kinerja otak lebih cepat. tanpa sengaja kita bisa memberikan jawaban atas permasalahan atau persoalan yang menghadapi kita, walaupun saat keadaan normal belum tentu kita bisa menjawabnya. percaya atau tidak (saya membuat artikel ini dalam keadaan terdesak).


  • Menuliskan Apa Saja yang ada di Pikiran
Ide selalu muncul tidak terduga. ide bisa muncul saat berpikir,bermain bahkan saat termenung. apalagi saat melihat dan mendengar hal yang janggal di panca indra kita. sebaiknya kita membawa secarik kertas dan ballpoint untuk menuliskan apa yang sedang kita pikirkan.penulisan juga bisa diaplikatifkan ke hp,laptop dan media lainnya. karena ide tersebut mudah terlupakan apabila tidak ditulis. kita sering menemukan hal yang baru disekitar kita tapi tidak dapat diungkapkan secara langsung.oleh karena itu diperlukan penulisan agar kita lebih mudah mengingatnya. bagi saya penulisan ini sangat penting ketika saya ingin membuat cerita,artikel atau kata-kata motivasi dari alam. be real !!
  • Be Different and Out of Box
Menjadi sesuatu yang sama dan melakukan hal yang sama dapat membuat pemikiran menjadi fokus terhadap      satu bidang. pengetahuan dan ketrampilanmu hanya sebatas itu saja. untuk menjadi kreatif,cobalah hal yang berbeda dari orang lain. mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. misalnya: seorang engineer mencoba melakukan penulisan artikel,seorang penyanyi mencoba belajar alat musik, seorang sastrawan belajar olahraga. cara-cara inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif  dengan catatan tidak meninggalkan kegitan utama mereka sebagai engineer,penyanyi dan sastrawan.inilah yang dikatakan out of box. untuk melakukan hal yang berbeda dari orang lain atau lebih tepatnya selangkah lebih maju adalah memacu kinerja lebih baik dari sebelumnya. misalnya: ketika orang sedang bermalas-malasan,kamu bisa menuliskan atau memikirkan sesuatu yang bermanfaat walaupun sedikit. ketika orang sedang asik dengan dunianya masing-masing,kamu bisa mencari informasi hal terbaru.ketika orang sedang asik tidur,kamu dapat menghasilkan karya.ketika orang sedang sibuk belajar,kamu bisa lebih santai. "jadilah orang yang yang luar biasa diantara orang-orang yang luar biasa".
Share:

follow

Postingan Lainnya